Inilah Penyebab Memar Pada Tubuh Secara Tiba-Tiba

Inilah Penyebab Memar Pada Tubuh Secara Tiba-Tiba. Pasti anda yang membaca postingan ini pernah mengalami memar secara tiba-tiba tanpa diketahui apa penyebabnya. Biasanya terjadi ketika bagun tidur sih....!! Memar adalah bercak merah kebiruan pada kulit disebabkan oleh keluarnya darah dari pembuluh darah ke jaringan kulit. Penyebab tersering adalah cedera, misal akibat terpukul atau terjatuh.

Inilah Penyebab Memar Pada Tubuh Secara Tiba-Tiba


Memar pada kulit tanpa sebab yang jelas kemungkinan disebabkan oleh purpura simplex. Penyebabnya adalah kerapuhan dinding pembuluh darah sehingga darah dapat merembes keluar jaringan bawah kulit.

Biasanya lebih sering terjadi pada wanita akibat pengaruh hormonal terutama pada saat sekitar siklus menstruasi. Beberapa faktor pemicu dari purpura simplex antara lain:
  1. Kelelahan fisik.
  2. Stres psikologis.
  3. Usia.
  4. Alergi.

Pada purpura simplex, memar tidak disertai gejala lain seperti nyeri, bengkak, demam, atau gejala perdarahan pada bagian tubuh lain misal mimisan.

Purpura simplex tidaklah berbahaya, tidak memerlukan penanganan apapun dan memar akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Namun jika memar disertai gejala nyeri,bengkak, demam, mimisan maka ini wajib diperhatikan, karena kemungkinan ini adalah gejala dari :
  1. ITP (idiopatik trombositopenia purpura), yaitu penurunan kadar trombosit darah. Trombosit berfungsi untuk mekanisme pembekuan darah, oleh sebab itu bila menurun akan menyebabkan mudah terjadi perdarahan, salah satunya perdarahan dibawah kulit yang menjadi memar. Penyebab pasti dari ITP tidak diketahui, diduga karena autoimun.
  2. Demam berdarah dengue (DBD). Disertai gejala demam tinggi, nyeri ulu hati, mual dan pegal pada sendi.
  3. Hemofilia. Gangguan faktor pembekuan darah. Penyakit ini jarang terjadi. Biasanya juga disertai adanya riwayat luka yang sulit kering, mimisan, dsb.
  4. Gangguan dinding pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab seperti autoimun, obat-obatan, dan sebagainya.

Dikutip dari berbagai macam blog kesehatan

0 Response to "Inilah Penyebab Memar Pada Tubuh Secara Tiba-Tiba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel