Cara meningkatkan imunitas tubuh

Pola Makan

  1. Makan dominan buah-buahan dan sayuran segar. buah-buahan dan sayuran segar mengandung enzim, vitamin, mineral dan serat yang sangat baik untuk pencernaan. dapat dikonsumsi utuh atau dijus. Untuk sayuran, jika dimasak, perhatikan cara pengolahan. Masak/ rebus sayuran kurang lebih 1 menit saja, atau jangan sampai layu.
  2. Hentikan produk makanan instan/pabrikan. Contoh : mie instan, makanan kemasan, makanan kalengan, minuman kemasan Makanan/minuman pabrikan rata-rata mengandung pewarna, pemanis buatan, perasa, pengawet dan bahan-bahan sintetis lainnya yang tentunya memberatkan pencernaan.
  3. Batasi asupan gula. Terlalu banyak gula beredar dalam tubuh menyebabkan gampang terkena inflamasi. Gula putih apalagi pemanis buatan harus sangat dibatasi. Seimbangkan asupan karbohidrat juga.
  4. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  5. Nutrisi. Perhatikan asupan makanan agar seimbang antara protein, karbohidrat, serat dan sumber vitamin mineral. Bila perlu konsumsi suplemen B Kompleks, madu murni dan sari kurma (bila cocok) untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Makan tepat waktu agar asam lambung terkendali. Dan makanlah makanan yang bisa ditoleransi tubuh anda. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan dikarenakan alasan higienis dan kita tidak tahu pengolahannya. Sangat disarankan untuk memasak makanan sendiri.
  6. Hindari Gluten. Orang yang imunitasnya rentan disarankan menghindari gluten. Makanan bergluten yang banyak beredar adalah yang terbuat dari terigu, contoh : roti, biskuit, mie, dll

Pola Pikir

Stres Management. Hindari stres sebisa mungkin sebab stres dan perasaan negatif itu membuat suasana tubuh menjadi asam. Orang yang stres bisa gampang sakit karena imunitas tubuhnya menurun. Banyak lakukan hal yang menyenangkan dan membuat rileks. Sebab hati yang bahagia adalah penunjang sistem imun tubuh. Hindari stres itu termasuk memfilter tayangan, berita, bacaan yang membuat cemas/ emosi. Sebab kecemasan yang berlarut bisa membuat kondisi tubuh jadi drop. Juga filter pergaulan anda sebaik mungkin. Hindari orang yang suka mengeluh apalagi perdebatan yang memicu emosi negatif.

Pola Hidup

  1. Tidur Yang Cukup dan Berkualitas. Kebisaan kurang tidur dan begadang hingga larut dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun. Karena itu perhatikan jam tidur anda. Berusaha rileks agar bisa nyenyak tidur.
  2. Berolahraga Teratur dan Berjemur. Olahraga tidak harus berat. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh anda. Jalan pagi, yoga dan peregangan ringan apabila dilakukan rutin akan bermanfaat untuk menguatkan tubuh. Berjemur juga berguna untuk mendapatkan Vitamin D.
  3. Jaga Tubuh Agar Tetap Hangat. Aslamer biasanya rentan kedinginan. Karena itu jauhi sorotan arah kipas angin dan AC secara langsung. Pakai pakaian hangat jika keluar rumah malam2. Minum minuman hangat untuk menjaga kondisi tubuh.
  4. Menjaga Kebersihan. Kebersihan pangkal kesehatan. Selain kebersihan dalam pengolahan makanan, perhatikan juga kebersihan alat makan dan alat masak yang anda gunakan karena itu semua berhubungan dengan kesehatan pencernaan anda. Pakailah alat masak/ makan dari bahan yang aman. Selain itu jaga kebersihan diri dan lingkungan agar senantiasa sehat.

Sumber
Goodbye Asam Lambung

0 Response to "Cara meningkatkan imunitas tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel